Sosok Datsun Sena Pick up |
Mobil Datsun Sena ini tidak lepas dari sejarah masuknya Nissan di Indonesia . Untuk pertama
kalinya Nissan masuk ke
Indonesia pada tahun
1969, dengan memanfaatkan keberadaan agen tunggalnya "PT Indokaya" yang
didirikan oleh H. Abdul Wahab Affan, H.
Thaib Affan, H. Sulaeman Affan, H.
Umar Affan & H. Usman Affan (Affan Bersaudara) dengan lokasi perakitan di Jakarta dan Surabaya.
Adapun jenis kendaraan yang
tersedia adalah jenis pick-up, multi purpose ( Jeep Nissan) dan sedan
dengan rata-rata produksi
mencapai 750 unit/bulan yang dirakit di PT. Immer Motor
Surabaya, dengan daerah
pemasaran mencakup Jakarta,
Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lampung, Bengkulu, Palembang,
Padang, Medan, Balikpapan,Ujung Pandang
dan Manado.
Datsun 1200 AX press release |
Pada tahun 1977 ada kebijakan
dari principal Nissan di Jepang untuk
membuat mobil Pick Up truck jenis
baru sementara produksinya dipusatkan di Siam Motor Co.Ltd Thailand. Berikut pengumuman dari
Nissan Motor Co. Ltd Japan :
NISSAN MENGUMUMKAN KENDARAAN KOMERSIAL
KECIL YANG BENAR-BENAR BARU
DIRANCANG UNTUK DIRAKIT KD DI LUAR NEGERI
“Tokyo
.. Nissan Motor Company telah memperkenalkan kendaraan komersial kecil baru
yang diberi nama "Datsun 1200AX", yang dirancang khusus untuk
pengoperasian perakitan KD (Knocked-down kit) di luar negeri.
Siam
Motors Co. Ltd. Distributor Nissan di Thailand, akan mulai memasarkan kendaraan
baru ini pada 4 Juni 1977, daerah yang diutamakan sebelum lainnya yaitu Timur Jauh, Oceania dan Afrika di mana
perakitan KD direncanakan.
Siam
Motors Co.Ltd berencana untuk memproduksi 100 unit 1200 AX per bulan dengan
panel bodi serta baterai, ban, pelapis, kaca, dan bagian trim yang dipasok oleh
produsen lokal. Komponen utama yang akan dipasok dari Jepang adalah mesin,
transmisi dan sasis
Didukung
oleh mesin OHV 1,171 cc yang sudah teruji. Serial ini tersedia dalam berbagai
macam konfigurasi bodi, mulai dari cabin
model truck hingga microbus atau van pengiriman. Serial ini dirancang untuk
memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang untuk kendaraan komersial multi-guna
yang lebih kecil dari Datsun Pickup Truck yang sudah terkenal di dunia.”
Datsun 1200 AX |
Selanjutnya pada tahun 1978, PT Indokaya membangun
Assembling Plant sendiri di
Pondok Ungu Bekasi, dengan nama PT. Zastam Motor dikhususkan untuk
merakit produk-produk dari Nissan Motor
Company. Sampai akhir 1978 selama PT.
Zastam Motor masih melengkapi peralatan produksinya dari Jerman, Datsun dan Nissan tetap dirakit di PT.
Immer Motor Surabaya. Selanjutnya untuk mempercepat perakitan PT. Indokaya Nissan Motor melakukan
kontrak kerja perakitan dengan PT. Udatin
sampai dengan akhir tahun 1978.
Iklan Datsun Sena dari PT. Indokaya Nissan Motors |
Pada akhir tahun 1978 PT. Indokaya Nissan Motor mengajukan
diri untuk menjadi pusat perakitan kedua untuk kendaraan type baru yang di
keluarkan oleh Nissan Motor Co. Ltd
Jepang. Karena hal ini bertentangan dengan kebijakan dari Nissan Motor Co. Ltd Jepang yang menunjuk Siam Motor Co. Ltd untuk wilayah Asia Timur dan Entreposto
Comercial SA untuk wilayah Eropa Barat, sehingga terjadi
pertentangan antara PT
Indokaya dengan Nissan
Motor Co Ltd, Jepang dan Marubeni (merupakan trading
house dari Nissan Motor Co Ltd, Jepang). Akibat perseteruan ini
pada akhirnya berujung pada penghentian aliran pasokan CKD Datsun, termasuk Datsun 1200 AX.
PT. Indokaya Press Release |
Walaupun begitu dengan stock CKD yang terbatas PT. Indokaya Nissan Motor di Indonesia
tetap melakukan perakitan dengan 50 % komponen local. Sesuai dengan yang diberitakan di bulletin Metal
Indonesia. PT. Indokaya Nissan Motor Indonesia
bercita-cita menjadikan “Datsun 1200 AX”
ini sebagai mobil karya anak bangsa Indonesia pribumi.
Di sisi lain perseteruan ini
tidak menemukan titik temu. Selanjutnya pihak Marubeni menyerahkan permasalahan ini
kepada Menteri Perindustrian.
Akan tetapi hasil dari upaya perdamaian yang diusahakan tidak mendapatkan
tanggapan positif dari pihak PT Indokaya
yang tetap bersikukuh menjalankan program Mobil Pribumi (sekarang mungkin Mobnas)
ini. Akhirnya di tahun 1981 dengan
terpaksa sesuai dengan dasar aturan yang berlaku, pemerintah Indonesia mengalihkan keagenan tunggal Datsun kepada PT Wahana Wirawan yang berdiri pada 14 April 1981. PT Wahana Wirawan merupakan
salah satu perusahaan dibawah
Pepabri yang dalam hal ini. diwakili
oleh Mayjen Sukardi. Susunan
kepengurusan PT Wahana Wirawan pada saat itu terdiri dari Mayjen Sukardi Selaku Presiden Komisaris
beserta Saso Sugiarso dan Setiawati
sebagai Komisaris. PT. Wahana Wirawan.
Setelah bergantinya keagenan Nissan dari PT. Indokaya ke PT. Wahana
Wirawan praktis PT. Wahana Wirawan
hanya menjalankan tugas pokok dan fungsinya saja untuk memasarkan produk-produk yang dijual Nissan. Mulai dari Nissan Sunny, Nissan Laurel, Nissan Sentra, Nissan Cefiro, Nissan
Cedric (passenger car/sedan/taxi),
sedangkan untuk produk yang lainnya
adalah SUV Nissan Patrol (2.800 cc) yang
dulu biasa dipakai di puskesmas untuk penerangan KB. Untuk produk-produk dengan
menggunakan nama Datsun sudah tidak dipasarkan di Indonesia lagi.
Dari berbagai sumber disebutkan
bahwa Datsun 1200 AX mengambil plat
form yang sama dengan Datsun Sunny Cab yang dijual di
Jepang, hanya Datsun 1200 AX (Sena)
bentuk bodynya diubah sesuai dengan semangat yang muncul pada era tersebut,
untuk membuat mobil Basic Transportation Vehicles
Datsun Sunny Cab |
Begitulah sekelumit cerita
mengenai mobil Datsun Sena yang
mengambil inspirasi dari cerita pewayangan Mahabarata
yang digambarkan oleh tokoh BrataSena
atau Bima, tokoh yang kuat dan sakti.
Berikut foto-foto Datsun Sena atau Datsun 1200 AX yang popular di Portugal
dengan sebutan Datsun Sado.
Datsun Sena Indonesia |
Brosur Datsun Sado Pickup dan Box |
Datsun Sado gear Shift bar |
Mesin Nissan A12 pada Datsun 1200 AX |
Posisi mesin Datsun 1200 AX di bawah jok |
Datsun 1200 AX Delivery Van |
Datsun 1200 AX Ambulance |
Datsun 1200 AX Box |
Datsun 1200 AX truck kayu |
Jendela depan model geser pada Datsun 1200 AX |
Sisa-sisa Datsun Sena 1200 AX yang masih eksis di Solo model pick up dan station wagon |
Datsun Sena 1200 AX plat Jakarta yang masih bagus |
SPESIFIKASI TEKNIS DATSUN SENA 1200 AX
| |
Bodi
Panjang total
Lebar Total
Tinggi total
Jarak as roda depan belakang
Jarak pijak roda depan
Jarak pijak roda belakang
Ruang angkut/bak
Kapasitas tempat duduk
Jumlah beban termasuk penumpang
Total berat kendaraan
|
3900 mm
1600 mm
1790 mm
2370 mm
1255 mm
1245 mm
1920 mm x 1430 mm
3 (tiga) orang
750 kg
1555 kg
|
Kemampuan Kendaraan
Sudut tanjakan maksimum
Radius Putar Minimum
|
0,33 (tan 8)
4,8 m
|
Mesin
Type mesin
Sistem bukaan kelep
Diameter
Langkah
Kapasitas silender
Tenaga maksimum
Torsi maksimum
|
A12
OHV 2 kelep per silinder
73 mm
70 mm
1171 cc
69 PS pada 6.000 rpm.
9,7 kgm pada 4000 rpm
|
Sasis
Rangka
Suspensi Depan
Suspensi belakang
Sistem kemudi
Pemindah gigi
Jendela depan
|
Bingkai tangga
Tulang garpu ganda, per daun menyilang
Per daun semi ellips menggantung.
Gigi cacing, dengan lengan pitman
Pemindah gigi di kolom kemudi
Sistem bukaan geser
|
Pengereman
Master rem
Rem depan
Rem belakang
Rem parkir
|
Konvensional 2 saluran
Teromol
Teromol
Model tarik
|
Suplai bahan bakar
Merk, type
|
Karburator
Hitachi 2 barrel
|
Pengapian
Pencetus api
|
Platina, kondenser, dan koil
|
No comments:
Post a Comment