Thursday, September 20, 2018

"SENA" PERJALANAN CITA-CITA DAN MIMPI YANG TERPUPUSKAN OLEH ATURAN



Sosok Datsun Sena Pick up

Mobil Datsun Sena ini tidak lepas dari sejarah masuknya Nissan di Indonesia . Untuk  pertama  kalinya  Nissan masuk  ke Indonesia  pada  tahun  1969, dengan memanfaatkan keberadaan agen tunggalnya  "PT Indokaya" yang  didirikan oleh H. Abdul Wahab Affan, H. Thaib Affan, H. Sulaeman Affan, H. Umar Affan & H. Usman Affan (Affan Bersaudara) dengan lokasi perakitan di Jakarta dan Surabaya.
Adapun jenis kendaraan yang tersedia adalah jenis pick-up, multi purpose ( Jeep Nissan) dan sedan  dengan   rata-rata   produksi  mencapai  750  unit/bulan yang dirakit di PT. Immer Motor Surabaya,  dengan  daerah   pemasaran mencakup  Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lampung, Bengkulu, Palembang, Padang, Medan, Balikpapan,Ujung  Pandang dan Manado.


Datsun 1200 AX press release

Pada tahun 1977 ada kebijakan dari principal Nissan di Jepang untuk membuat mobil Pick Up truck jenis baru sementara produksinya dipusatkan di Siam Motor Co.Ltd  Thailand. Berikut pengumuman dari Nissan Motor Co. Ltd Japan :
NISSAN MENGUMUMKAN KENDARAAN KOMERSIAL KECIL YANG BENAR-BENAR BARU
DIRANCANG UNTUK DIRAKIT KD DI LUAR NEGERI

“Tokyo .. Nissan Motor Company telah memperkenalkan kendaraan komersial kecil baru yang diberi nama "Datsun 1200AX", yang dirancang khusus untuk pengoperasian perakitan KD (Knocked-down kit) di luar negeri.
Siam Motors Co. Ltd. Distributor Nissan di Thailand, akan mulai memasarkan kendaraan baru ini pada 4 Juni 1977, daerah yang diutamakan sebelum lainnya yaitu  Timur Jauh, Oceania dan Afrika di mana perakitan KD direncanakan.
Siam Motors Co.Ltd berencana untuk memproduksi 100 unit 1200 AX per bulan dengan panel bodi serta baterai, ban, pelapis, kaca, dan bagian trim yang dipasok oleh produsen lokal. Komponen utama yang akan dipasok dari Jepang adalah mesin, transmisi dan sasis
Didukung oleh mesin OHV 1,171 cc yang sudah teruji. Serial ini tersedia dalam berbagai macam konfigurasi bodi, mulai dari  cabin model truck hingga microbus atau van pengiriman. Serial ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang untuk kendaraan komersial multi-guna yang lebih kecil dari Datsun Pickup Truck yang sudah terkenal di dunia.”
Datsun 1200 AX


Selanjutnya pada tahun 1978, PT Indokaya  membangun  Assembling Plant sendiri di Pondok Ungu Bekasi,  dengan nama PT. Zastam Motor dikhususkan untuk merakit produk-produk dari Nissan Motor Company. Sampai akhir 1978 selama PT. Zastam Motor masih melengkapi peralatan produksinya dari Jerman, Datsun dan Nissan tetap dirakit di PT. Immer Motor Surabaya. Selanjutnya untuk mempercepat perakitan PT. Indokaya Nissan Motor melakukan kontrak kerja perakitan dengan PT. Udatin sampai dengan akhir tahun 1978.
Iklan Datsun Sena dari PT. Indokaya Nissan Motors

Pada akhir tahun 1978 PT. Indokaya Nissan Motor mengajukan diri untuk menjadi pusat perakitan kedua untuk kendaraan type baru yang di keluarkan oleh Nissan Motor Co. Ltd Jepang. Karena hal ini bertentangan dengan kebijakan dari Nissan Motor Co. Ltd Jepang yang menunjuk Siam Motor Co. Ltd untuk wilayah Asia Timur dan Entreposto Comercial SA untuk wilayah Eropa Barat, sehingga terjadi pertentangan   antara  PT Indokaya  dengan  Nissan Motor  Co Ltd, Jepang dan Marubeni (merupakan   trading house dari Nissan Motor Co Ltd, Jepang). Akibat perseteruan ini pada akhirnya  berujung  pada penghentian aliran pasokan CKD Datsun, termasuk Datsun 1200 AX.
PT. Indokaya Press Release

Walaupun begitu dengan stock CKD yang terbatas PT. Indokaya Nissan Motor di Indonesia tetap melakukan perakitan dengan 50 % komponen local.  Sesuai dengan yang diberitakan di bulletin Metal Indonesia. PT. Indokaya Nissan Motor Indonesia bercita-cita menjadikan “Datsun 1200 AX” ini sebagai mobil karya anak bangsa Indonesia pribumi.
Di sisi lain perseteruan ini tidak menemukan titik temu. Selanjutnya pihak Marubeni  menyerahkan  permasalahan    ini   kepada   Menteri Perindustrian. Akan tetapi hasil dari upaya perdamaian yang diusahakan tidak mendapatkan tanggapan positif dari pihak PT Indokaya yang tetap bersikukuh menjalankan program Mobil Pribumi (sekarang mungkin Mobnas) ini. Akhirnya di tahun 1981 dengan terpaksa sesuai dengan dasar aturan yang berlaku, pemerintah Indonesia  mengalihkan keagenan tunggal Datsun kepada PT Wahana Wirawan yang berdiri pada 14 April 1981. PT Wahana Wirawan  merupakan  salah satu  perusahaan  dibawah  Pepabri yang  dalam  hal ini.  diwakili  oleh  Mayjen  Sukardi. Susunan kepengurusan PT Wahana  Wirawan pada saat itu terdiri dari Mayjen  Sukardi Selaku Presiden Komisaris beserta Saso Sugiarso dan Setiawati sebagai Komisaris.  PT. Wahana Wirawan.
Setelah bergantinya keagenan Nissan dari PT. Indokaya ke PT. Wahana Wirawan praktis PT. Wahana Wirawan hanya menjalankan tugas pokok dan fungsinya saja untuk memasarkan  produk-produk yang dijual Nissan. Mulai dari Nissan Sunny, Nissan Laurel, Nissan Sentra, Nissan Cefiro, Nissan Cedric (passenger car/sedan/taxi), sedangkan untuk produk  yang lainnya adalah SUV Nissan Patrol (2.800 cc) yang dulu biasa dipakai di puskesmas untuk penerangan KB. Untuk produk-produk dengan menggunakan nama Datsun sudah tidak dipasarkan di Indonesia lagi.
Dari berbagai sumber disebutkan bahwa Datsun 1200 AX mengambil plat form yang sama dengan Datsun Sunny Cab yang dijual di Jepang, hanya Datsun 1200 AX (Sena) bentuk bodynya diubah sesuai dengan semangat yang muncul pada era tersebut, untuk membuat mobil Basic Transportation Vehicles
Datsun Sunny Cab

Begitulah sekelumit cerita mengenai mobil Datsun Sena yang mengambil inspirasi dari cerita pewayangan Mahabarata yang digambarkan oleh tokoh BrataSena atau Bima, tokoh yang kuat dan sakti. Berikut foto-foto Datsun Sena atau Datsun 1200 AX yang popular di Portugal dengan sebutan Datsun Sado.

Datsun Sena Indonesia
Brosur Datsun Sado Pickup dan Box

.
Macam bentuk Datsun Sado dan spesifikasinya

 
Dashboard dan Panel Datsun Sado

Datsun Sado gear Shift bar
Mesin Nissan A12 pada Datsun 1200 AX
Posisi mesin Datsun 1200 AX di bawah jok
Datsun 1200 AX Delivery Van

Datsun 1200 AX Ambulance
Datsun 1200 AX Box
Datsun 1200 AX truck kayu

Jendela depan model geser pada Datsun 1200 AX


Sisa-sisa Datsun Sena 1200 AX yang masih eksis di Solo model pick up dan station wagon



Datsun Sena 1200 AX plat Jakarta yang masih bagus

SPESIFIKASI TEKNIS DATSUN SENA 1200 AX
Bodi
Panjang total
Lebar Total
Tinggi total
Jarak as roda depan belakang
Jarak pijak roda depan
Jarak pijak roda belakang
Ruang angkut/bak
Kapasitas tempat duduk
Jumlah beban termasuk penumpang
Total berat kendaraan

3900 mm
1600 mm
1790 mm
2370 mm
1255 mm
1245 mm
1920 mm x 1430 mm
3 (tigaorang
  750 kg
1555 kg
Kemampuan Kendaraan
Sudut tanjakan maksimum
Radius Putar Minimum

0,33 (tan 8)
4,8 m
Mesin
Type mesin
Sistem bukaan kelep
Diameter
Langkah
Kapasitas silender
Tenaga maksimum
Torsi maksimum

A12
OHV  2 kelep per silinder
73 mm
70 mm
1171 cc
69 PS pada 6.000 rpm.
9,7 kgm pada 4000 rpm
Sasis
Rangka
Suspensi Depan
Suspensi belakang
Sistem kemudi
Pemindah gigi
Jendela depan

Bingkai tangga
Tulang garpu ganda, per daun menyilang
Per daun semi ellips menggantung.
Gigi cacingdengan lengan pitman
Pemindah gigi di kolom kemudi
Sistem bukaan geser
Pengereman
Master rem
Rem depan
Rem belakang
Rem parkir

Konvensional 2 saluran
Teromol
Teromol
Model tarik
Suplai bahan bakar
Merk, type
Karburator
Hitachi 2 barrel
Pengapian
Pencetus api

Platinakondenserdan koil




No comments:

Post a Comment